twitter


Badan terasa pegel semua setelah tadi di sekolah jum’at bersih yang melelahkan, aneh-aneh koq kepala sekolah merintahnya setiap kelas harus di pel, setiap meja dan kursi dalam kelas harus di cuci pokoknya semua kotoran yang ada dalam kelas harus bersih karena besok akan ada kunjungan dari walikota, gara-gara kedatangan walikota kita siswa yang menderita kayak gini. Kenapa sech kita tidak menampilkan apa adanya aja jika ada pejabat yang mau mengunjungi tempat kita ? apa hanya pejabat aja yg boleh menikmati fasiltas yang bagus fasilitas mewah dan fasilitas lux,
bayangkan saja sejak saya masuk sekolah ini lapangan basket tidak ada eh sekarang akan ada kunjungan wali kota malah dibuatkan lapangan basket “supaya sekolah kita kelihatan lengkap sarana dan prasarananya dihadapan walikota” itu kata kepsek saat menjadi Pembina upacara bendera hari senin 2 minggu yang lalu, apa walikota mau main basket koq kunjungannya disambut dengan dibuatkan lapangan basket, begitu juga dengan peralatan laboratorium baru dibelikan saat ada kunjungan walikota padahal walikota kan ga butuh itu semua malahan yang butuh adalah kita para siswa, emang aneh koq kalo dipikir-pikir. Hal seperti itu juga terjadi saat presiden mau kunjungan ke kabupaten sebelah dan harus melewati jalan kota kami, jalan yang biasanya berlubang-lubang diperbaiki dengan alasan presiden mau melintasi jalan itu, bukankah hal itu sangat aneh…… jalan yang hanya dilewati presiden 5 menit aja diperbaiki sampe menelan biaya milyaran rupiah  sedang kan jalan yang kita lewati tiap hari sama sekali tidak tersentuh oleh anggaran perbaikan jalan… weleh weleh negoro ku
Jam baru menunjukkan pukul 19.30 tapi mata ini sudah tidak mau diajak kompromi pengen merem aja, efek dari kecapean jadinya ngantuk dan ku lihat bantal dan guling sudah melambai-lambai memanggil ku supaya segera mendatanginya untuk diajak ke lautan mimpi, okelah tunggu kedatangan ku bantal dan guling aku akan dating tapi tak ke kamar mandi dulu untuk gosok gigi, dan ambil air wudlu biar ntar tidak mimpi aneh lagi kayak 3 hari yang lalu aku mimpi dikejar-kejar orang gila jika aku lari kemana aja selalu orang gila itu selalu menemukan aku, dengan air wudlu berarti kita tidur dalam keadaan suci kata ustadz di kampung ku jika kita tidak dalam keadaan suci tidak akan berani syetan masuk kea lam mimpi kita. Berharap setelah berwudlu ntar aku mimpi ketemu bidadari yang cantikkk….. heheheheheeee
DI ALAM MIMPI
Aku duduk sendiri dibawah pohon beringan yang ridang angin sepoi menyapu wajah manies ku (narsis dikit aaahhhh)……. Ada dimana aku ini ?? sebuah tempat yang rasanya belum pernah ku kunjungi, disela-sela kebingungan ku memilikirkan keberadaan ku duduk disamping ku seseorang yang wajahnya seakan tidak asaing bagi ku tapi siapa ya ????
Aku        : Assalamu’alaiku…. (aku menyapa beliau)
Org tua : Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh…… (jawab beliau lengkap)
Kemudia kami terdiam tak satu kata pun keluar setelah sapaan tadi, aku merenung berfikir siapakah beliau ini….#$$%&*(^%%$%&&^@@$^%????? Ada titik terang dalam otak ku, benar kah beliau,,,,,, lebih baik ku Tanya langsung
Aku          : maaf sebelumnya, apa njenengan MUSTOFA BISRI penyair terkenal itu ?
Org tua   : iya
Ku jabat tangan beliau lalu ku cium
Aku          : senang sekali bisa ketemu Gus Mus secara langsung, seperti dalam mimpi aja. (emang ini ceritanya dalam mimpi hehehehehe….))))
Gus Mus : eehmm…..(hanya menganggukkan kepala)
Aku          : Gus Mus, mohon ajari saya nulis puisi, bagaimana cara nulis puisi ?
Gus Mus : cara nulis puisi ya ambil bolpoint dan kertas terus tulis apa yang kamu pikirkan.
Aku          : maksud saya, adakah tips untuk saya dalam menulis puisi sebagai pemula
Gus Mus : o itu maksud anda ?
Aku          : iya, mohon sarannya
Gus Mus : cara yang paling mudah dalam menulis puisi yaitu dengan metode berdasarkan buku harian, dan langkah-langkahnya sebagai berikut :
                      1.      Baca dan renungkan isi catatan harian yang Anda miliki!
2.      Coretlah kata-kata yang tidak penting dan tambahkan katakata yang menurut Anda menarik untuk disertakan!
3.      Hapuslah baris-baris yang tidak penting!
4.      Atur dan urutkan kembali baris-baris yang sudah Anda pilih!
5.      Bacalah kembali hasil akhir baris-baris itu!
6.      Suntinglah kembali baris-baris itu sehingga menjadi barisbaris puisi yang menarik!
Aku          : owh,,,, ternyata mudah ya. Ada yang lain tidak ?
Gus Mus : ada, Puisi juga dapat ditulis berdasarkan hasil perenungan. Langkah langkah menulis puisi dari hasil perenungan adalah:
                      1.   Duduklah di bawah pohon atau di tempat lain yang menyenangkan bagi Anda!
2.   Pejamkan mata Anda dan pikirkanlah tentang hal yang menyenangkan, misalnya  berlibur ke daerah pegunungan!
3.   Hiruplah sejuknya udara dingin pegunungan!
4.   Dengarkan suara burung yang berkicauan di dahan pohon!
5.   Rasakan bahwa Anda sedang berada di tempat itu dan rasakan  kenyamanannya!
6.  Renungkanlah apa yang Anda rasakan! Renungkanlah bahwa semua keindahan itu merupakan karunia Tuhan!
7.  Resapkanlah dalam hatimu yang telah Anda rasakan dan buka mata Anda perlahan!
8.  Ungkapkanlah apa yang telah Anda rasakan, Anda lihat, Anda sanjung dalam renungan Anda dalam bentuk puisi!
Aku          : Adakah yang harus diperhatikan dalam menulis puisi ?
Gus Mus : hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis puisi :
                    IRAMA
Irama atau ritme berhubungan dengan pengulangan bunyi, kata, frasa, dan kalimat. Dalam puisi, irama berupa pengulangan yang teratur suatu baris puisi menimbulkan gelombang yang menciptakan keindahan. Irama dapat juga berarti pergantian keras-lembut, tinggirendah, atau panjang-pendek kata secara berulang-ulang dengan tujuan menciptakan gelombang yang memperindah puisi. Perhatikan puisi DOA karya Chairil Anwar! Dalam puisi tersebut terdapat pengulangan kata Tuhanku.

RIMA
Rima (persamaan bunyi) adalah pengulangan bunyi berselang, baik dalam larik maupun pada akhir puisi yang berdekatan. Bunyi yang berima itu dapat ditampilkan oleh tekanan, nada tinggi, atau perpanjangan suara. Perhatikan kutipan puisi DOA berikut ini!

Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut namaMu
Biar susah sungguh
mengingat Kau penuh seluruh
Assholatukhoiurumminannaum…… Assholatukhoiurumminannaum……………. Suara Adzan telah berkumandang menandakan ahari sudah pagi dan aku terbangun dari tidur. Aku semalam bermimpi ketemu Gus Mus dan dapat ilmu tentang puisi. Belum sempat aku mengucapkan terima kasih sudah terbangun dari mimpi ku. Hari ini harus lebih bersemangat ilmu menulis telah bertambah lagi…. Ayo nulis, tulislah apa yang ada dalam pikiran mu HAVE A NICE DAY…… (PENA EMAS)

(*dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar