twitter


Setalah mengikuti seminar FLP di gedung kesenian 2 minggu yang lalu, aku dengan indah berniat untuk gabung dengan FLP supaya bisa belajar menulis yang baik dan benar, siapa tahu kelak bisa menerbitkan buku,
kayaknya asyik tu jadi penulis ntar nama ku terkenal se-Indonesia seperti mbak Helvy, teteh Asma, Ibu pipit senja dan pastinya Habiburrahman… amien ya Alllah
Sehabis rapat OSIS rencananya aku dengan indah terus mau meluncur ke sekretariat FLP untuk tanya-tanya tentang FLP dan pengen gabung sekalian. Rapat OSIS kali ini seru banget karena terjadi perbedaan pendapat antara dua buku, dalam ultah sekolah tahun ini akan mengadakan kegiatan ada 2 opsi kegiatan yang pertama festival band dan yang kedua lomba resensi buku dan bedah buku, saking serunya sampe ada yg nada bicaranya tinggi, sang ketua OSIS akhirnya dengan bijak mempending rapat ini dan dilanjutkan 3 hari lagi sambil melakukan jajak pendapat dari siswa.
Rapat OSIS telah usai aku dan indah segera melunjur ke TKP heheheheee ke kantor FLP, sesampainya disana aku ma indah disambut dengan hangat oleh mas Ridho, ada yang bisa kami bantu sapanya. Lalu ku terangkan kalau tujuan kami kesini pengen tahu tentang FLP dan apa saja program FLP. Dengan penuh kesabaran mas Ridho menerangkan dengan detail…..
Visi FLP : membangun Indonesia cinta membaca dan menulis serta membangun jaringan penulis berkualitas di Indonesia.
Sedangkan Misi FLP :
1.    Menjadi wadah bagi penulis dan calon penulis
2.    Meningkatkan mutu dan produktifitas (tulisan) para anggotanya sebagai sumbangsih bagi masyarakat
3.    Turut meningkatkan budaya membaca dan menulis, terutama bagi kaum muda Indonesia.
4.    Menjadi organisasi yang turut membidani kelahiran penulis baru dari daerah di seluruh Indonesia
Program kerja FLP :
1.    Mengadakan pertemuan rutin (bulanan) bagi para anggotanya dengan mengundang pembicara tamu dari kalangan sastrawan, jurnalis atau cendekiawan.
2.    Pelatihan penulisan mingguan
3.    Mengadakandiskusi/seminar tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan kepenulisan atau situasi kontemporer
4.    Mengadakan bengkel-bengkel penulisan
5.    Aktif mengirim tulisan ke berbagai media massa
6.    Menerbitkan bulletin dan majalah
7.    Membuat scenario teater, sinetron, film dan lain sebagainya
8.    Kampanye Gemar Membaca dan Menulis ke SD, SMP, SMU, Pesantren dan universitas di Indonesia secara berkala
9.    Mengadakan berbagai sayembara penulisan untuk pelajar, mahasiswa dan kalangan umum
10.    Pemberian anugrah Pena
11.    Pelaksanaan program Rumah Cahaya (Rumah baCA dan HAsilkan karYA)
12.    Kampanye “Sastra untuk Kemanusiaan” (Salah satunya dengan penerbitan Antologi Cinta, yaitu buku-buku yangditulis bersama. Seluruh penjualannya diberikan pada program kemanusiaaan)
13.    Menerbitkan minimal 10 buku karya paara anggota perbulannya, dll..
Itu visi misi dan program kerja FLP dari pusat untuk wilayah atau daerah disesuaikan dengan kondisi tapi tidak boleh menyimpang, sedangkan system pembinaan dari FLP yaitu kebersamaan, kontinuitas dan kompetensi. Kebersamaan artinya tidak mementingkan karya atau kemajuan diri sendiri. Kontinuitas artinya secara kontinyu berkarya dan membina. Sedangkan kompetensi artinya setiap anggota berkarya seabiak mungkin, meningkatkan kualitas karya dan memiliki kejelasan arah serta tujuan dalam mencerahkan masyarakat.
Aku dan indah hanya manggut-manggut saja, wajah kami berbinar dan dalam dada kami menggelora semangat dan tekat Bismillah kami gabung dengan FLP. (PENA EMAS)

(*diambil dari tulisannya Helvy Tiana Rosa FLP Sejarah, Konsep dan Gerakan)

0 komentar:

Posting Komentar